Boneka Horta & Boneka Potty




Boneka Horta (horta=hortikultura) adalah suatu media tanam dari serbuk kayu berbentuk boneka yang apabila disiram setiap hari pada bagian atas kepalanya akan tumbuh rambut berupa rumput hijau.

Boneka horta bisa menjadi alternatif yang terbaik untuk mengajarkan kreatifitas dan daya imajinatif,  karena boneka ini merupakan jenis mainan yang edukatif. Mereka bisa belajar mengamati pertumbuhan tanaman sambil bermain. itu benar-benar sangat mengasyikan bukan?

Permainannya dimulai kerika anak merendam boneka dengan air dan menyiram kepala boneka setiap hari, kemudian mengamati pertumbuhan rumput di bagian kepala setiap hari. Emm benar-benar mengasyikan.. walaupun ini termasuk pembelajaran namun dengan media boneka horta semuanya seakan bermain seutuhnya. Baiklah setelah rumput tinggi maka anak-anak dapat memangkas rumput sesuai dengan gaya dan imajinasinya. Buat mereka berkreasi dengan rambut rumput boneka horta, jangan larang mereka menikmati permainan yang edukatif ini karena walau dipangkas, kelak rambut boneka akan tumbuh kembali layaknya rambut manusia, karena rambut boneka tersebut merupakan jenis tanaman yang tumbuh.

Ada 2 Jenis boneka Rumput:
Boneka Horta
Boneka Horta sangat lucu untuk menjadi media pembelajaran, bentuknya lucu menjadi daya tarik anak-anak untuk belajar sambil bermain. Bentuk-bentuk boneka horta sangat bervariasi antara lain Kura-kura, Babi, Sapi, Kodok, Gajah, Monyet, Macan, Kuda dan Mobil.

Boneka Potty
Salah satu variasi dari boneka Horta adalah boneka Potty yaitu pot tanaman yang berbentuk boneka yang  dapat ditanami beraneka macam tanaman hias mini, benih sayuran dan bungan-bungaan. Boneka Potty berbentuk beraneka macam binatang sehingga sangat menarik dan disukai anak-anak.

Boneka Potty mempunyai konsep edukasi yaitu mengajarkan anak untuk menanam, merawat, dan mencintai tanaman sehingga diharapkan kecintaannya terhadap alam dan lingkungan.

Boneka ini menjadi pot yang unik, lucu dan tahan lama karena boneka berisi media tanam. Boneka didesain sehingga akar tanaman bisa menyatu ke dalam boneka. Jika benih atau tanaman mati dapat diganti dengan benih atau tanaman mini lain.



Boneka Potti yang bisa ditanami berbagai tanaman


Boneka yang dicanangkan  mahasiswa Fakultas Agronomi-Holtikultura IPB (sudah lulus tahun 2007) telah memulai memproduksi boneka rumput ini sejak tahun 2004. Dan sampai sekarang sangat diminati banyak kalangan di seluruh Indonesia. Dapat dibuktikan distributornya sudah di seluruh Indonesia bahkan di luar negri. Liputan televisi dan media cetak sudah banyak dimuat mengenai Boneka rumput horta.

Boneka rumput horta ini cocok dijual di Pameran, Sekolah bahkan kampus dan dapat dijadikan sebagai kado ulang tahun, souvenir pernikahan, hiasan dan mainan anak-anak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Dari Boneka Horta

Daftar Harga Boneka Horta Dan Potty